Permainan Bola Kecil

Terdapat berbagai macam permainan di dunia ini, salah satunya yaitu permainan bola kecil.

Apa yang dimaksud permainan bola kecil? Apa saja macam-macam dari permainan bola kecil ini?

Yuk, kita simak langsung penjelasan di bawah ini.

Pengertian Permainan Bola Kecil

Permainan bola kecil adalah salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola berukuran kecil dan biasanya menggunakan alat pendukung seperti alat pemukul untuk bermainnya.

Macam-macam Permainan Bola Kecil

Ada 16 macam permainan bola kecil yang akan kita bahas, diantaranya yaitu:

  1. Tenis Lapangan
  2. Tenis Meja
  3. Golf
  4. Bulu Tangkis
  5. Kasti
  6. Softball
  7. Baseball
  8. Biliard
  9. Sepak Takraw
  10. Kriket
  11. Tolak Peluru
  12. Hoki
  13. Lacrosse
  14. Rounders
  15. Kippers
  16. Kelereng

Dibawah ini penjelasan lebih lengkap mengenai macam-macam permainan bola kecil dan gambarnya.

1. Tenis Lapangan

Tenis lapangan adalah suatu olahraga yang menggunakan bola karet keras berisi angin dan diperlukan raket untuk memantulkan bola ke arah lawan.

Permainan ini dilakukan dengan cara memainkan bola dengan teknik-teknik tertentu agar lawan tidak dapat mengembalikan bola ke arah kita.

Permainan tenis modern berasal dari Birmingham, Inggris pada akhir abad ke-19 dan dikenal sebagai “tenis lapangan rumput”.

2. Tenis Meja

Tenis meja adalah suatu olahraga yang menggunakan bola berukuran kecil ringan yang terbuat dari plastik dan diperlukan bet sebagai alat untuk memukul bola.

Permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau dua pasangan (ganda) yang saling berlawanan.

Olahraga tenis meja ini sering disebut juga dengan ping pong.

Induk olahraga tenis meja di Indonesia yaitu PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia), sedangan tenis meja internasional yaitu ITTF (International Table Tennis Federation) dengan anggota mencapai 140 negara.

PTMSI resmi masuk sebagai anggota ITTF pada tahun 1961.

3. Golf

Golf adalah suatu olahraga yang dimainkan secara perorangan atau tim dengan berlomba memasukkan bola ke dalam lubang tanah yang ada di lapangan dengan jumlah pukulan yang paling sedikit.

Permainan golf sering disebut sebagai olahraganya orang kaya, hal ini dikarenakan perlu mengeluarkan duid 600 ribu hingga 1.3 juta untuk satu ronde permainan.

Olahraga golf dimainkan di suatu lahan yang dibuat secara khusus dengan memiliki sejumlah lubang yang umumnya terdiri dari 9 hingga 18 lubang.

4. Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah suatu olahraga yang menggunakan bola berupa kok yang terbuat dari rangkaian bulu angsa dan diperlukan raket untuk memukul kok tersebut.

Permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau dua pasangan (ganda) yang saling berlawanan.

Olahraga bulu tangkis ini biasa disebut juga dengan badminton.

Dalam 1 set permainan bulu tangkis, pemenang adalah pemain yang berhasil lebih dulu mengumpulkan 21 poin. Apabila terjadi kedudukan imbang dengan skor 20-20 (yus) maka pertandingan dilanjutkan sampai salah satu pemain unggul dengan selisih 2 poin.

5. Kasti

Kasti adalah suatu olahraga yang menggunakan bola berukuran kecil yang dimainkan secara beregu (regu pemukul dan regu penjaga) dengan memukulkan bola sejauh mungkin agar pemukul dapat berlari menuju base.

Peralatan yang digunakan dalam permainan kasti diantaranya bola, tongkat pemukul, tiang bendera sebagai penanda, dan peluit untuk wasit.

Permainan bola kasti dimainkan dalam dua babak, dalam satu babak selama 20 – 30 menit dan waktu istirahat 10 menit.

6. Softball

Softball adalah suatu olahraga yang dimainkan oleh 9 orang dengan cara memukul bola sejauh mungkin dengan bat untuk mengumpulkan angka sebanyak-banyaknya atau berlari dengan memutari 3 seri marka (base) pelari hingga dapat menyentuh marka yang terakhir.

Permainan softball lahir di Amerika Serikat, dan diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago pada tahun 1887. Softball adalah salah satu perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol (baseball) atau hardball.

Bola softball dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan ia akan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola.

Terdapat 2 regu dalam permainan softball, yaitu regu yang berjaga (defensif) dan regu yang memukul (ofensif).

Tiap tim berlomba untuk mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate.

7. Baseball

Baseball adalah suatu olahraga yang menggunakan bola berukuran kecil dengan cara dipukul sejauh mungkin agar pemukul bisa berlari menuju basemen yang berada di ujung lapangan yang terdapat empat sudut base.

8. Biliard

Billiard adalah suat olahraga yang menggunakan bola berukuran kecil keras dan digunakan tongkat billiard untuk tujuan memasukan bola pada lubang yang berada di setiap sudut meja.

9. Sepak Takraw

Sepak takraw adalah suatu olahraga yang menggunakan bola ringan yang terbuat dari jalinan rotan dengan cara bermain melewatkan bola melalui net menggunakan tendangan kaki.

10. Kriket

Kriket adalah suatu olahraga yang menggunakan bola berukuran kecil yang dimainkan oleh dua kelompok yang mana masing-masing kelompok terdiri dari sebelas orang pemain.

11. Tolak Peluru

Tolak peluru adalah suatu olah raga menggunakan bola besi bulat yang terbuat dari logam dengan cara menolak atau mendorong menggunakan satu tangan pada bahu untuk mencapai jarak terjauh.

12. Hoki

Hoki adalah suatu olahraga yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 6 pemain, dengan cara 5 pemain meluncur di sepanjang lapangan untuk mencetak gol dan 1 pemain manjaga gawang.

Jenis permainan hoki dibagi dalam beberapa jenis, yaitu:

    • Hoki lapangan (field hockey)
    • Hoki ruangan (indoor hockey)
    • Hoki es (ice hockey)

13. Lacrosse

Lacrosse adalah suatu olahraga yang menggunakan bola kecil erbuat dari kulit rusa dan diisi dengan bulu dan membutuhkan alat berupa tongkat lacrose untuk memukul bola.

Olahraga ini dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 10 orang. Dalam 1 tim lacrose terdiri dari 1 penjaga gawang, 3 penyerang, 3 pemain tengah dan 3 pemain bertahan.

Dalam 1 pertandingan ada 4 babak yang berdurasi masing-masing 20 menit.

Area permainan lacrose mempiliki ukuran dengan panjang 100 meter dan lebar 55 meter dengan permukaan rumput atau rumput buatan. Gawang lacrose memiliki ukuran panjang 180 centimeter dan lebar 180 centimeter.

14. Rounders

Rounders adalah suatu olahraga menggunakan bola kecil yang mirip dengan permainan kasti, tetapi sedikit ada perbedaan.

15. Kippers

Kippers adalah suatu olahraga menggunakan bola kecil yang permainannya mirip dengan kasti, tetapi perbedaan permainan ini tidak memerlukan seorang pelambung bola.

Dalam permainan kippers, peran pelambung bola dilakukan oleh pemukul bola sekaligus.

16. Kelereng

Permainan kelereng adalah suatu permainan yang menggunakan bola kecil yang terbuat dari tanah liat / kaca / marmer dengan cara dijentik ke kelereng sasaran.

Kesimpulan

Ada berbagai macam permainan bola kecil yang dapat kita mainkan di dunia ini, mulai dari tenis lapangan, tenis meja, kasti, hingga softball.

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam permainan bola kecil beserta pembahasannya lengkap, semoga bermanfaat.

Terima kasih..

Leave a Comment