Contoh Pidato Singkat

4 min read

Pada suatu acara sering kita jumpai pembukaan yang diawali dengan penyampaian pidato oleh seseorang. Pidato tersebut isinya bermacam-macam sesuai dengan acaranya. Berikut kami akan berikan contoh-contoh pidato.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada banyak orang. Pada intinya pidato bisa juga disebut wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

1. Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT. atas segala karuniaNya sehingga kita bisa berkumpul dalam keadaan sehal wal’afiat guna mengikuti acara memperingati hari pendidikan nasional. Tak lupa sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah menunjukkan jalan yang terang benerang untuk kita semua.

Hadirin yang berbahagia.

Pendidikan memiliki peranan penting dalam kehidupan kita. Dengan pendidikan, kita bisa memperoleh pengetahuan yang luas. Selain itu, kita juga akan memperoleh pembelajaran sikap sopan santun dan hal-hal yang baik. Melalui pendidikan, kita juga akan menjadi pribadi dewasa, yang mampu merancang masa depan dengan baik serta mengambil keputusan yang tepat.

Hadirin yang berbahagia.

Sering kita mendengar sulitnya orang mendapatkan pekerjaan walaupun sudah sekolah tinggi. Dari sini kita bisa mengubah pandangan bahwa sekolah tinggi akan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik. Melalui pendidikan juga mampu membawa kemajuan suatu bangsa dan negara. Karena masa depan bangsa berada di tangan generasi berikutnya.

Hadirin yang berbahagia.Cukup sekian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf jika ada kesalahan. Semoga ada manfaat yang bisa kita ambil.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

2. Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.

Puji syukur marilah kita haturkan kepada Allah SWT. atas nikmat yang telah diberikan kepada kita, sehingga kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal’afiat tidak kurang sedikit apapun.

Hadirin yang berbahagia.

Pada kesempatan kali ini izinkan saya menyampaikan pidato tentang kebersihan. Seperti yang kita ketahui, menjaga kebersihan adalah tanggungjawab kita semua. Dengan menjaga kebersihan, kita akan terhindar dari segala macam penyakit yang mudah menular. Seperti diare, DBD, tipus, dan muntaber. Di samping itu, lingkungan yang bersih mampu meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani bagi kita. Badan dan jiwa kita secara otomatis akan merasakan dampak positif  jika lingkungan kita bersih dan sehat.

Hadirin sekalian.

Kebiasaan menjaga kebersihan harus kita tanamkan sejak dini. Dengan begitu, saat dewasa nanti akan terbiasa menjaga kebersihan di manapun berada. Menjaga kebersihan juga perlu diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Cara mengajarkan yang paling mudah adalah dengan memberikan contoh secara langsung. Misalnya tidak membuang sampah sembarangan, memasukkan sampah sesuai dengan jenisnya, dan senantiasa menjaga kebersihan di sekitar. Dengan menjaga kebersihan semoga kita terhindar dari segala macam penyakit dan bencana akibat lingkungan yang tidak bersih.

Hadirin sekalian.

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan. Semoga yang saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada salah kata. Akhir kata saya sampaikan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

3. Contoh Pidato Singkat Tentang Perpisahan Sekolah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat kepala sekolah.

Yang kami hormati bapak ibu guru beserta staf sekolah.

Yang kami hormati para orang tua atau wali siswa.

Dan teman-teman yang saya cintai.

Pada hari ini, bersama-sama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita bisa hadir dalam acara perpisahan sekolah.

Hadirin yang berbahagia.

Tiga tahun telah kita lewati bersama. Suka dan duka telah kita lalui. Kini tibalah kita di ujung perpisahan. Tidak lupa, saya selaku perwakilan siswa, ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak ibu guru, yang telah mendidik dan mengajar kami dengan sabar. Membagikan ilmunya tanpa lelah. Semua jasamu tidak akan pernah kami lupakan.

Hadirin yang berbahagia.

Tentu selama ini kami sering melakukan kesalahan dan membuat bapak ibu guru marah. Untuk itu kami mengucapkan beribu maaf kepada bapak ibu guru semua. Semoga apa yang telah diberikan kepada kami menjadi bekal sehingga kelak kami menjadi manusia yang bermanfaat.

Hadirin yang berbahagia.

Demikianlah yang saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Semoga nanti kita bisa meraih kesuksesan dan bisa meraih cita-cita.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

4. Contoh Pidato Singkat tentang Perkembangan Teknologi Internet

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.

Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT. atas limpahan rahmad-Nya sehingga kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat.

Hadirin yang saya hormati.

Dewasa ini kita dituntut untuk serba cepat dalam menuntaskan pekerjaan. Dalam hal ini, tentu perkembangan teknologi sangat dibutuhkan demi membantu menyelesaikan pekerjaan. Dengan adanya teknologi internet, akan memudahkan dan mempercepat pekerjaan tersebut. Mulai anak-anak hingga orang dewasa bisa memanfaatkan kemajuan teknologi internet tersebut.

Hadirin yang saya hormati.

Selain memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan, teknologi internet juga mampu memudahkan kita dalam berkomunikasi. Kita juga bisa memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat. Semua itu bisa kita dapatkan melalui komputer, laptop, tablet, ataupun hp.

Hadirin yang saya hormati.

Semoga kita bisa menggunakan kemajuan teknologi internet dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kita menggunakannya untuk hal-hal yang bersifat negatif. Demikian pidato yang saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

5. Contoh Pidato Singkat Tentang Cinta Tanah Air

Assalamualaikum Wr. Wb.

Marilah kita bersama-sama mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kita kesempatan untuk berkumpul dalam acara ini. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan, sehingga saya bisa menyampaikan pidato dengan tema cinta tanah air.

Hadirin yang berbahagia.

Mengapa kita harus mencintai tanah air kita? Jawabannya adalah karena tanah air kita telah memberikan yang terbaik untuk kita. Sumber daya alam yang melimpah, suku dan budaya yang beraneka ragam, serta bahasa yang begitu banyak. Semua itu pemberian Tuhan yang harus kita syukuri dan kita jaga. Lantas bagaimana sikap kita untuk menjaga tanah air kita?

Hadirin yang berbahagia.

Mari bersama-sama tunjukkan rasa cinta kepada tanah air kita dengan menjaga sumberdaya alam yang kita miliki. Hutan, sungai, laut, dan apapun yang ada di tanah air kita, mari kita jaga dan lestarikan bersama-sama. Jangan pernah kita merusaknya apalagi demi kepentingan individu atau golongan. Mari kita hidup berdampingan dengan siapapun walau berbeda suku, budaya, dan bahasa sekalipun.

Hadirin yang berbahagia.

Sebelum saya menutup pidato ini, izinkan saya untuk bertanya. Jika bukan kita yang menjaga tanah air kita, lantas siapa lagi? Apakah kita akan membiarkan tanah air kita rusak, hancur, atau kembali dijajah bangsa lain? Maka dari itu, mari kita jaga tanah air kita. Mari kita rawat Indonesia agar anak cucu kita bisa merasakan indahnya negeri kita. Cukup sekian pidato saya. Mohon maaf apabila ada kesalahan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

6. Contoh Pidato Singkat tentang Narkoba

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.

Pada kesempatan yang berbahagia kali ini, marilah kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT. yang telah memberikan kita kenikmatan berupa kesehatan. Sehingga kita bisa hadir di forum penerangan bahaya narkoba.

Hadirin yang saya hormati.

Seperti yang kita ketahui, narkoba telah merenggut banyak korban. Narkoba merupakan  zat atau obat yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran, hilangnya rasa nyeri, dan dapat menimbulkan rasa ketergantungan. Jika sering dikonsumsi, maka menimbulkan bahaya pada fisik, psikologi, dan lingkungan.

Hadirin yang saya hormati.

Bahaya narkoba terhadap fisik berupa gangguan sistem syaraf, jantung, paru-paru, dan masih banyak lagi. Berikutnya bahaya narkoba terhadap psiklogi berupa sering gelisah, sulit konsentrasi, penuh curiga, dan menyakiti diri. Sedangkan bahaya narkoba terhadap lingkungan berupa gangguan mental, anti-sosial, dan masa depan suram.

Hadirin yang saya hormati.

Melihat betapa banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan oleh narkoba, maka marilah bersama-sama kita memeranginya. Janganlah sekali-kali kita mencoba untuk menggunakannya. Mungkin hanya ini pidato yang bisa saya sampaikan. Bila ada salah kata atau ucap mohon maaf sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikian contoh-contoh pidato singkat yang bisa kami posting. Semoga beberapa contoh pidato tersebut bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Terima kasih.        

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *