Contoh Kata Rujukan dan Kalimat Rujukan

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), kata rujukan memiliki dua arti. Arti yang pertama, rujukan adalah keterangan lanjutan mengenai suatu hal. Arti kedua adalah bahan sumber yang dipakai untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut; acuan; referensi.

Berdasarkan arti tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa kata rujukan adalah kata yang digunakan sebagai acuan terhadap suatu hal atau untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut. Kata rujukan bisa disebut juga sebagai kata ganti yang menunjuk kepada kata lain yang telah digunakan sebelumnya untuk mengganti kata aslinya.

Perhatikan contoh kalimat berikut!

Dani memenangkan lomba bulu tangkis. Dia berhasil membawa piala dan sejumlah uang. Selain itu, dia juga berhak mendapatkan pelatihan bulu tangkis selama 1 tahun dari pihak penyelenggara lomba.

Kata Dia pada kalimat kedua merujuk pada kalimat sebelumnya, yaitu pada kata Dani. Sederhananya, kata Dani dalam kalimat pertama adalah kata yang dirujuk, sedangkan kata dia dalam kalimat kedua adalah kata yang merujuk.

Bila tanpa menggunakan kata rujukan, kalimat tersebut bisa saja ditulis menggunakan nama orang keseluruhannya, seperti kalimat berikut.

Dani memenangkan lomba bulu tangkis. Dani berhasil membawa piala dan sejumlah uang. Selain itu, Dani juga berhak mendapatkan pelatihan bulu tangkis selama 1 tahun dari pihak penyelenggara lomba.

Karena menggunakan kata rujukan, maka kata Dani diganti dengan kata rujukan dia dalam kalimat tersebut agar tidak terjadi perulangan kata.

Berdasarkan macamnya, kata rujukan memiliki tiga. Yaitu kata rujukan benda, kata rujukan tempat, dan kata rujukan orang/personil. Dari tiga macam kata rujukan tersebut, tentu memiliki fungsi yang berbeda. Berikut penjelasan macam-macam kata rujukan.

Macam-Macam Kata Rujukan

1# Kata Rujukan Benda atau suatu Hal

Kata rujukan benda merupakan kata ganti yang digunakan untuk merujuk pada benda atau suatu hal. Kata rujukan terdiri atas kata ini, itu, dan tersebut. Berikut contoh penggunaan kata rujukan benda atau suatu hal dalam kalimat.

Contoh:

1. Novel Pesantren Impian merupakan salah satu novel karya Asma Nadia. Novel ini berisi perjalanan hidup seorang wanita yang ingin berubah menjadi lebih baik. Di pesantren ia menemukan teman-teman yang senasib dengannya.

Keterangan: kata ini merujuk pada benda novel Pesantren Impian yang terdapat pada kalimat sebelumnya.

2. Film Laskar Pelangi merupakan film berdasarkan novel karya Andrea Hirata. Film ini sangat mengispirasi bagi generasi muda untuk selalu semangat dalam mengenyam pendidikan.

Keterangan: kata ini mengacu pada benda atau suatu hal yaitu Film Laskar Pelangi yang tertera pada kalimat sebelumnya.

3. Daun Kelor yang memiliki nama latin memiliki banyak kandungan yang bermanfaat. Salah satu manfaat daun tersebut di antaranya membantu menurunkan tekanan darah tinggi, karena memiliki antioksidan yang kuat.

Keterangan: kata tersebut merujuk pada benda daun kelor, yang terdapat pada kalimat sebelumnya.

4. Banjir Bandang telah melanda sebuah pemukiman di Kabupaten Bondowoso. Peristiwa itu terjadi pada malam hari, saat penduduk telah mulai tertidur. Tidak ada korban dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Keterangan: kata itu merujuk pada suatu hal yaitu peristiwa banjir bandang, yang terdapat di kalimat sebelumnya.

5. Fenomena gerhana matahari cincin kembali menghampiri Indonesia. Peristiwa tersebut bisa disaksikan di 25 titik wilayah Indonesia. Selain itu, beberapa wilayah bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian.

Keterangan: kata tersebut merujuk pada suatu hal yaitu gerhana matahari cincin yang telah disebutkan pada kalimat sebelumnya.

6. Hatiku mulai berdebar hebat saat menonton pertandingan sepak bola di Gelora Bung Karno. Hal ini dikarenakan tim sepak bola Indonesia sedikit lagi akan memenangkan pertandingan sepak bola melawan tim dari Thailand. Skor sementara 2-0 untuk tim Indonesia.

Keterangan: kata ini  merujuk pada hal yaitu hatiku mulai berdebar hebat yang telah disebutkan pada kalimat pertama.

2# Kata Rujukan Tempat

Kata rujukan merupakan tempat adalah kata yang mengacu pada suatu tempat. Kata yang digunakan untuk merujuk suatu tempat adalah di sini, di sana, di situ, dan sebagainya. Berikut contoh penggunaan kata rujukan tempat dalam kalimat.

1. Wisata Danau Ranu merupakan wisata yang terletak di Kabupaten Pasuruan. Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, di sana juga terdapat beberapa fasilitas yang menunjang wisata. Di antaranya adalah perahu naga, out bond, arena memancing, dan sepeda air.

Keterangan: di sana merujuk pada tempat wisata Danau Ranu yang disebutkan di kalimat sebelumnya.

2. Setelah lulus SMA saya akan melanjutkan ke perguruan tinggi di Malang. Di sana nanti saya akan tinggal di rumah saudara yang tidak jauh dari kampus impian saya.

Keterangan: kata di sana merujuk pada tempat yaitu Malang yang telah disebutkan di kalimat sebelumnya.

3. Stadion Untung Surapati kali ini mulai ramai dipadati oleh pengunjung. Nanti malam di sini akan diadakakan pertunjukan kesenian tari Reog Ponorogo. Selain tarian reog Ponorogo, di sini juga akan ada pesta kembang api.

Keterangan: kata di sini merujuk pada tempat yaitu Stadion Untung Surapati yang disebutkan pada awal kalimat.

4. Rumah nenek berada di daerah pegunungan, sehingga tidak heran jika suhu di daerah ini begitu sejuk. Di sini saya kerap menghabiskan masa libur sekolah.

Keterangan: kata di sini merujuk pada tempat yaitu rumah nenek yang disebutkan pada awal kalimat.

5. Kedai roti milik Rina menjual beragam kue roti yang sangat lezat. Jika kalian membeli kue di situ pada hari Jumat, kalian akan mendapatkan potongan harga sebesar 5% untuk total pembelian. Selain itu, di kedai tersebut menawarkan potongan harga bagi pembeli yang memiliki kartu pelanggan.

Keterangan: kata di situ mengacu pada tempat kedai roti milik Rina yang telah disebutkan pada kalimat sebelumnya.

6. Setelah pulang sekolah, Anisa meletakkan tas dan bukunya di atas meja belajar. Di situ ia melihat secarik surat beramplop putih. Ia segera membuka dan membaca isi surat tersebut.

Keterangan: kata Di situ merujuk pada kata tempat yaitu di atas meja belajar yang tertera pada kalimat sebelumnya.

3# Kata Rujukan Orang atau Personil

Kata rujukan orang atau personil merupakan kata rujukan yang digunakakn untuk merujuk orang atau personil. Kata rujukan ini terdiri atas dia, ia, mereka, beliau, dan lain sebagainya. Berikut contoh penggunaan kata rujukan orang atau personil dalam kalimat.

1. Difta merupakan siswa yang pandai. Ia selalu mendapatkan ranking di kelasnya. Selain pandai, ia juga aktif di kegiatan organisasi baik di sekolah maupun di luar sekolah. Ia juga pandai bergaul dengan siapapun.

Keterangan: kata ia merujuk pada orang yaitu Difta yang terdapat di kalimat sebelumnya.

2. Hari ini Zainudin mengikuti ujian matematika. Bukannya belajar, dia malah asyik bermain HP. Akhirnya dia kesulitan dalam mengerjakan soal-soal. Zainudin menyesali apa yang telah dia lakukan, sehingga dia tidak akan mengulangi kesalahannya lagi.

Keterangan: kata dia merujuk pada orang yaitu Zainudin, yang tertera pada kalimat sebelumnya.

3. Sandiaga Uno merupakan salah satu pengusaha muda yang sukses di Indonesia. Beliau pernah menjabat sebagai wakil Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017. Pada pemilihan presiden 2019, beliau mengundurkan diri sebagai wakil gubernur untuk mengikuti pencalonan wakil presiden RI.

Keterangan: kata Beliau merujuk pada orang yakni Sandiaga Uno, yang tertera pada kalimat sebelumnya.

4. Pak Bagas merupakan guru matapelajaran bahasa Inggris di sekolah saya. Cara mengajar beliau begitu menyenangkan. Saya menjadi suka dengan matapelajaran bahasa Inggris.

Keterangan: kata Beliau merujuk pada orang yakni Pak Bagas, yang tertera pada kalimat sebelumnya.

5. Hari ini siswa kelas XII SMA melaksanakan ujian praktik olahraga berenang. Mereka didampingi guru matapelajaran olahraga menuju kolam renang umum yang tidak jauh dari sekolah. Salah satu gaya renang yang diujikan adalah gaya dada, kaya katak, dan gaya bebas.

Keterangan: kata mereka merujuk pada orang (lebih dari satu/jamak), yaitu siswa kelas XII SMA, yang terdapat di kalimat sebelumnya.

6. Kunto Aji merupakan penyanyi laki-laki bersuara merdu. Ia mulai dikenal sejak menjadi finalis ajang pencarian bakat. Ia juga pernah menjadi pemain film layar lebar pada tahun 2010.

Keterangan: kata ia mengacu pada orang yaitu Kunto Aji  yang disebutkan pada kalimat sebelumnya.

7. Saya, Lia, dan Eko bermaksud menjenguk Putri yang sudah tiga hari ini tidak masuk sekolah karena sakit. Kami langsung menuju rumah Putri setelah pulang sekolah. Putri merasa senang begitu melihat kami datang menjenguknya.

Keterangan: kata kami merujuk pada orang (lebih dari satu/jamak), yaitu saya, Lia dan Eko yang telah disebutkan di kalimat sebelumnya.

8. Pada libur semester kemarin saya dan Ayu mengunjungi museum. Kita ingin mengisi liburan kali ini dengan kegiatan yang bermanfaat dan menambah wawasan tentang sejarah.

Keterangan: kata kita merujuk pada orang (lebih dari satu/jamak), yaitu saya dan Ayu yang tertera pada kalimat sebelumnya.

Leave a Comment