Contoh Autobiografi Diri Sendiri

3 min read

Autobiografi merupakan jenis teks cerita ulang yang menceritakan kembali kejadian atau pengalaman masa lampau. Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), autobiografi adalah riwayat hidup pribadi yang ditulis sendiri. Lebih jelasnya, autobiografi merupakan tulisan yang berisi riwayat atau perjalanan hidup seseorang mulai dari kecil sampai keadaannya sekarang yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Lantas, apa saja isi dari autobiografi? Autobiografi tidak jauh berbeda dengan biografi. Autobiografi berisi informasi sesuai keadaan sebenarnya seseorang pada masa tertentu. Informasi tersebut bisa berupa latar belakang keluarga, asal-usul daerah, riwayat pendidikan, sifat, aktivitas, keahlian, prestasi, dll.

Perbedaan Penulisan Autobiografi dan Biografi

Penulisan autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama, karena ditulis oleh dirinya sendiri. kata-kata ganti yang digunakan adalah aku dan saya.

Contoh autobiografi:

Aku bernama Raisha Ramadhani, lahir di Surabaya 5 Juli 1995. Sejak kecil aku tinggal di Malang bersama kedua orang tua.

Penulisan biografi menggunakan sudut pandang orang ke tiga tunggal atau jamak, karena biografi selalu menggunakan sudut pandang orang ketiga. Kata-kata ganti yang digunakan adalah ia, dia, mereka, beliau, atau menyebut nama tokoh.

Contoh biografi:

Dia bernama Raisha Ramadhani, lahir di Surabaya 5 Juli 1995. Sejak kecil ia tinggal di Malang bersama kedua orang tua.

Tujuan Penulisan Autobiografi

Beberapa tujuan yang perlu diketahui dari penulisan autobiografi adalah:

  1. Memperkenalkan diri secara detail kepada orang lain.
  2. Memberikan gambaran atau kisah-kisah inspiratif seseorang.
  3. Meningkatkan daya tawar diri.

Cara Membuat Autobiografi Singkat 

1. Mengumpulkan pokok-pokok informasi atau peristiwa penting

Catat semua pokok informasi atau peristiwa penting yang kamu alami dalam hidupmu. Mulai dari kecil hingga saat ini. Peristiwa tersebut bisa berupa kelahiran atau pengalaman dengan orang terdekat. Kemudian lanjutkan mencatat pengalaman di waktu remaja.

2. Mengembangkan pokok-pokok informasi atau peristiwa penting

Semua informasi yang dicatat, disusun secara urut. Tulislah rangkaian peristiwa secara runtut. Kembangkan masing-masing kalimat informasi atau peristiwa penting menjadi paragraf.  Rangkailah paragraf tersebut menjadi teks yang utuh.

3. Menentukan judul

Judul merupakan salah satu bagian penting dalam teks autobiografi. Autobiografi harus sesuai isi teks.

Contoh Autobiografi

Contoh Autobiografi Diri Sendiri 1

Nama saya Cahaya Putih, lahir di Malang 11 Januari 1997. Sejak kecil hingga saat ini, saya tinggal di Malang bersama orang tua. Saya anak kedua dari dua bersaudara. Kakak saya bernama Rosa Indah. Saya lahir dari pasangan Budi Santoso dan Ratna Sari. Aya adalah nama panggilan akrab saya. Saya lahir di keluarga sederhana. Ayah saya seorang pegawai negeri di Pemda. Sedangkan ibu saya seorang ibu rumah tangga. Sejak kecil saya selalu diajarkan untuk selalu jujur dan baik terhadap siapapun.

Di usia 6 tahun, saya mulai mengenyam pendidikan di SDN 1 Sukamakmur pada tahun 2009. Selanjutnya saya sekolah di SMP Sukamakmur di Malang dan lulus pada tahun 2012. Di tahun yang sama, saya melanjutkan ke bangku SMA Sukamakmur di Malang, yang tidak jauh dari SMP-ku dulu.

Di SMP dulu, saya mulai menyukai dunia kepenulisan. Ada beberapa puisi dan cerpen yang saya tulis, namun tidak pernah saya tunjukkan kepada siapapun. Saya malu karena tulisan saya jelek. Selain suka menulis, saya suka membaca puisi, cerpen, dan novel. Novel yang paling saya sukai berjudul Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dan novel berjudul Ketika Mas Gagah Pergi karya Helvy Tiana Rosa.

Di bangku SMA, saya mengikuti ekstrakurikuler kepenulisan. Di dalam ekstrakurikuler kepenulisan saya diajarkan menulis dengan baik. Mulai dari tulisan fiksi dan nonfiksi. Tulisan nonfiksi berupa puisi, cerpen, dan novel. Sedangkan nonfiksi berupa karya tulis ilmiah, artikel, dan esai. Di kelas X beberapa puisi dan cerpen saya ikutkan lomba. Namun masih belum ada yang lolos mendapakan juara. Tidak mengapa, saya tetap berusaha dan belajar agar tulisan saya semakin baik.

Di kelas XI saya berhasil mendapatkan juara 3 menulis cerpen dengan tema lingkungan, se- Kota Malang. Selain itu, saya juga memenangkan lomba menulis artikel dengan tema ketahanan pangan se- Provinsi Jawa Timur. Saya juga aktif menulis di blog dan beberapa surat kabar.

Saya juga aktif di berbagai kegiatan sekolah. Di antaranya bergabung dengan OSIS dan pramuka. Di OSIS saya pernah menjabat sebagai pimpinan redaksi majalah dinding sekolah.

Saat ini saya duduk di kelas XII SMA Jurusan Bahasa. Setelah lulus SMA nanti saya ingin melanjutkan ke perguruan tinggi di Universitas Negeri Jakarta Jurusan Sastra Indonesia.

Contoh Autobiografi Diri Sendiri 2

Namaku Muhammad Arif Kurniawan, biasa dipanggil Arif. Saya lahir di Surabaya pada tanggal 15 Juli 1998 dari pasangan Dedi Kurniawan dan Amanda Putri. Sejak kecil aku suka sekali membaca komik dan bermain sepak bola. Kakakku bernama Muhammad Andika Kurniawan. Setiap sore kita berdua, bersama teman-teman yang lain sering bermain sepak bola bersama di lapangan dekat rumah.

Pada tahun 2003-2009 aku mengenyam pendidikan di sekolah dasar. Selanjutnya aku sekolah di SMP negeri yang tidak jauh dari tempat tinggal. Selama di SMP aku begitu aktif mengikuti OSIS dan ekstra sepak bola. Di luar sekolah, aku juga aktif di komunitas komikus. Setiap dua minggu sekali aku berkumpul dengan sesama penyuka komik untuk diskusi dan bertukar ide. Kita juga sering mengadakan pameran sketsa komik yang kita buat sendiri.

Di SMA aku masih aktif mengikuti ekstrakurikuler sepak bola. Di kelas X aku dan tim sepak bola sekolah berhasil menjuarai turnamen sepak bola tingkat SMA. Berkat kemenangan tersebut, aku dan tim mendapat kesempatan bertemu dengan pemain sepak bola favorit kami, Andik Firmansyah.

Di kelas XI aku dan tim di sekolah mengikuti turnamen sepak bola antar club se-kabupaten. Sayangnya kami harus puas di posisi juara ketiga. Kami cukup puas dengan posisi tersebut. Selain mengikuti berbagai turnamen, aku tetap menyalurkan hobi menggambar komik. Ada beberapa lomba komik yang saya ikuti. Sayangnya belum ada yang menang.

Saat ini aku sudah duduk di bangku kelas XII SMA jurusan IPA. Aku ingin melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Malang, dengan jurusan Desain Komunikasi Visual.

Contoh Autobiografi Singkat Pribadi

Namaku Alfi Prasetya, aku tinggal di Pasuruan dan menjadi salah satu siswa SMA Negeri di Kabupaten Pasuruan. Saat ini aku sudah duduk di bangku kelas XI Jurusan IPS. Aku lahir di Malang pada tanggal 20 Maret 2000.

Semasa kecil aku suka bermain kejar-kerjaran dengan teman-temanku. Lariku paling cepat di antara teman yang lainnya. Sewaktu sekolah dasar aku sering diikutkan lomba lari olah guruku. Beberapa kali aku mendapat juara. Di antaranya juara 3 lari tingkat kabupaten, juara 2 lari dalam rangka HUT RI antar SD se-kecamatan, dan juara harapan 1 lari dalam rangka hari jadi Kabupaten Pasuruan.

Menginjak SMP aku semakin sering mengikuti lomba lari di berbagai even dan memenangkan juara. Di SMA aku juga selalu mengikuti lomba lari. Salah satu lomba yang paling berkesan saat mengikuti lomba Bromo Marathon, bersaing dengan peserta dalam negeri dan luar negeri. Aku bersyukur bisa menginjakkan kaki sampai finish meskipun tidak menjadi juara. Waktu mengikuti POPDA, aku mendapat juara 1 lari 1500 m mengalahkan peserta yang lainnya. Aku senang sekali waktu itu. Di kesempatan yang berbeda, aku juga mengikuti Tretes Night Run. Waktu itu aku mendapatkan juara 2.

Saat lulus SMA nanti aku ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri di Jawa Timur dengan jurusan olahraga. Semoga dengan prestasi yang pernah saya raih, memudahkan saya untuk meraih cita-cita melanjutkan ke perguruan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *